Pages

Ads 468x60px

Jumat, 06 September 2013

Area Kerja Photoshop

Setelah memilih photoshop yang sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop sobat All4Free
Minimum System Requirements Adobe Photoshop CS2 sampai CC ) , sekarang kita langsung pengenalan dengan Area kerjanya . Disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS6 , tidak jauh beda dari adobe Cs di bawahnya , hanya beberapa tambahan tools aja kok .



Title Bar
Title Bar menampilkan judul dokumen yang aktif , persentase tampilan layer yang aktif dan mede warna yang digunakan .

dd.jpg adalah nama / title dari dokumen tersebut , 50% adalah persentase tampilan secara utuh dokumen tersebut dan RGB adalah mode warna yang digunakan.

Menu Bar
Pada menu bar terdapat berbagai menu untuk menjalankan berbagai fitur Photoshop .
  1. File : berisi perintah-perintah untuk mengolah file , seperti New untuk membuat dokumen baru , Save untuk menyimpan , dan sebagainya
  2. Edit : berisi perintah untuk mengedit objek seperti Copy , Cut dan sebagainya .
  3. Image : Berisi perintah-perintah untuk mengolah image seperti pemilihan mode image , adjusment dan sebagainya.
  4. Layer : berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan layer , seperti membuat layer baru, menduplikat dan sebagainya.
  5. Select : berisi perintah untuk menyeleksi objek
  6. Filter : berisi perintah untuk memberi efek tertentu pada objek
  7. 3D : berisi perintah untuk membuat gambar-gambar yang berkaitan dengan 3D atau 3 dimensi .
  8. View : berisi perintah-perintah untuk mengatur tampilan area kerja .
  9. Window , berisi perintah-perintah untuk mengatur susunan jendela kerja dan panel
  10. View : berisi informasi-informasi tentang Adobe Photoshop .
Options Bar
Dalam options bar terdapat menu menu tertentu sesuai tool yang sedang digunakan . Hampir semua tool yang ada di Photoshop mempunyai pilihan pengaturan yang ditampilkan pada Options Bar .

Options Bar untuk Brush tool
 Options Bar untuk Crop tool
Options Bar untuk Move tool

Silahkan sahabat All4Free cek saja setiap tool pada toolbox , apakah setiap tool memiliki pengaturannya.

Toolbox
Toolbox berisikan seperangkat fasilitas untuk mengedit dan memanipulasi image. Tampilan toolbox pada Photoshop bersifat mengambang sehingga sahabat All4Free bisa memindahkan posisinya sesuai keinginan .
Layer
Bekerja dengan Photoshop tida terlepas dari penggunaan layer, karena pada layer suatu image akan diedit dan di manipulasi . Layer bisa didefinisikan sebagai lembar kerja transparant.  Keuntungan menggunakan layer adalah memudahkan pengeditan secara terpisah dari komposisi gambar yang kompleks . Dengan kata lain , konsentrasi pengeditan suatu komposisi gambar akan lebih terfokus apabila pengeditan dilakukan pada keseluruhannya. 
Status Bar
Status Bar dalam dokumen menampilkan informasi dokumen dan tampilannya. Status bar juga menampilkan informasi ringkas tentang tool yang dipilih. Berikut adalah beberapa keterangan-keterangan yang terdapat dalam status bar :
  1. Kotak yang berisikan nilai dengan parameter persentase untuk mengorganisasikan pekerjaan di dalam suatu Workgroup
  2. Menu pop-up berfungsi untuk mengorganisasikan pekerjaan dalam suatu workgroup.
  3. Informasi dokumen menampilkan data dokumen sesuai item yang dipilih dalam menu pop-up.
Panel
Panel didalam Photoshop digunakan untuk memonitor dan memodifikasi image. Panel-panel ini memiliki fungsi yang berbeda satu sama yang lainnya. Sahabat All4free dapat memodifikasi image dengan memberikan efek-efek image dan panel-panel ini menyediakan dukungan dan fasilitas dalam mengelola image. Secara default, panel-panel akan ditampilkan di dalam suatu grup yang sudah ditentukan . Terdapat dua grup panel yang terpisah secara jelas. yaitu panel yang berada di sebelah kanan dan yang ada di sebelah kiri.

Nah sekian pembahasan singkatnya , untuk pembahasan lebih lajutnya sobat All4Free tunggu postingan berikutnya yang akan membahas tentang Keterangan dan kegunaan tool-tool yang ada di toolbox dan panel.

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang positif , jangan saling menjatuhkan karena tidak ada gunanya . Terimakasih telah berkunjung ke blog saya . Jika menurut anda kurang bagus , mohon dimaafkan . Karena saya bukanlah manusia sempurna yang bisa buat suatu hal yang sempurna juga.

Thanks For You

Hady Eka Saputra