Pages

Ads 468x60px

Sabtu, 21 September 2013

Seminar Uin Suska Riau Teknik Elektro : Energi

Tadi di kampus ngurusin masalah Penasehat Akademik sama Kelas lagi , tau-tau PA sama Kelasnya udah dikirim sejak 19 september ke email hady , ya sudah kena romet lah sama sekertaris jurusan . Cek lagi , langsung cetak KRS eh , malah ada masalah lagi , Kuota kelas untuk 2 mata kuliah udah penuh . Huft , memang rezeki yang dikasi Allah itu berbeda-beda . Menunggu lagi deh, pas nunggu ngelapor tadi , jos kepikiran ngeblog. Yasudah pulang-pulang ngeblog , mumpung tanggal 17 kemarin hady seminar , ya sudah bahas tentang seminar aja lah kita.


 Seminar 17 september 2013 uin suska riau
Tema : Peran kota di masa krisis energi dan pemanasan glogal
Judul : Energi

Tantangan energi saat ini :
1. Jumlah penduduk , apalagi tahun ini penduduk indonesia semakin wow, tapi harapan hady sih , jangan energi yang berkurang . sejalannya jumlah penduduk yang meningkat jumlah sobat All4Free juga bertambah , hahahaha
2. Suplai energi yang masih kurang , terutama indonesia yang kebanyakan hanya bisanya menjual mentahan buat diolah di luar negri buat energi yang udah jadi , kita ambil contoh minyak bumi saja .
3. Energi dan kesehatan , nah kalo disini hady agak kurang mengerti sangkut pautnya , jadi cari jawabannya sendiri lah ya , apa sebabnya kok energi dan kesehatan .
4. Bahan bakar fosil yang terbatas, semakin banyak kita mengeruk energi yang berasal dari fosil semakin sedikit juga persediaan , contoh yang dari fosil adalah minyak dan batubara



Hemat energi , untuk sustainable energi . Nah , ada beberapa aspek dalam penghematan :
1. Aspek prilaku konsumsi , nah sobat all4free pasti salah satu golongan ini . Yah , lebay-lebayan pake listrik. Contoh penghematan dalam aspek adalah dengan cara
  • Matikan lampu ruangan di siang hari , pasti dah pada tau lah ini ya.
  • Buat yang dikota-kota , bagusnya untuk tengah malam atau dini hari atau jamnya kuntilanak , lampu-lampu papan reklame itu dimatikan.
  • Tv, Ac atao peralatan yang pake listrik saat sedang tidak dipakai atau kosong , bagusnya dimatikan aja.
  • Matikan pompa air ato apalah yang sejenisnya , jadi sobat all4free jangan buang-buang air , apalagi dikota susah air bersih . kamarmandi dimana tempat pembuangan airnya juga ntah dimana trus sumurnya juga dimana . jadi hemat airlah . ( Mandi 1 hari sekali kayaknya udah mantap , hahahaha)
2. Aspek dalam pemilihan alat dan sistem , wah ini sobat all4free lagi yang doyan , doyan apa ajalah .
  • Menggunakan peralatan yang murah tapi tidak efisien , biasanya sih peralatan rumah tangga , mungkin alat-alat masak ya.
  • Penggunaan mesin berkapasitas besar , ini mah untuk pabrik . Kalo sobat all4free orang rumahan gak mungkin masak nasi pake mesin yang besar.
  • Menggunakan mobil yang ber CC tinggi dalam jarak tujuan yang dekat . Nah , ni yang orang kantoran , yang takut kulitnya hitam , berdebu , dan jadi tetua manja . Biasa lebay, jarak 2 kilo aja pake mobil . Gak patut ditiru tuh. Kalo ada sepeda pakai sepeda aja.
  • Tidak populernya sistem transportasi masal , contohnya busway , angkot/oplet , dan sobat all4free pasti taulah . 
3. Aspek pada pengoperasian , nih cara kita menggunakannya lagi . Biar hemat energi . Salah duanya adalah tidak membuat pola penjadwalan ekonomis pengoperasian mesin dan tidak adanya pengontrolan penggunaan pompa air. Kita merujuk lagi ke poin sebelumnya ya sobat all4free , kita pahami yang poin 3 , kayaknya hampir sama dengan poin 1 dan 2 . Tapi takmasalah , untuk penjelas dan agar lebih jadi jelas.

Sesi tanya jawab dalam seminar :
Pertanyaan :

  1. Apasaja agar energi yang terbaharukan yang diciptakan lebih cepat digunakan dan populer di khalayak umum ?
  2. Apa benar kebijakan PLN untuk mematikan/pemadaman lampu secara bergilir sudah benar sedangkan kita sudah membayar tagihan listrik sesuai ketentuan ?
  3. Dalam pamadaman listrik , apakah hanya masyarakat kalangan bawah/ rumah saja yang mengalaminya atau kantor-kantor pemerintah juga ikut serta?
  4. Apa sarana dan prasana sebagai wadah dalam pembuatan atau membangun energi terbaharukan untuk mahasiswa ?
  5. Bagaimana cara agar hubungan pabrik-pabrik dengan pemerintah dalam bekerja sama untuk membuat energi baru ?
  6. Mengantisipasi saat minyak yang dikeruk dan digantikan oleh air dari tekanan tektonik pada bumi ?

Jawaban :

  1. “oh ia tadi hady lupa nerangin , pas seminar ada membahas energi terbaharukan , energi terbaharukan tu adalah energi dari alam yang bisa dipakai langsung tanpa di olah atau diproses konversi” jadi kita sangkutkan kepertanyaan ini ya. Nah jawaban dari baka pembicaranya gini : secara nasional harus ada dukungan pemerintah dengan kebijakan-kebijakan tertentu . Penyebab energi tidak digunakan ke khalayak umum adalah harga jual yang relatif agak mahal .
  2. Ada masanya ketika mesin pembangit listrik tidak mampu untuk 24 jam nonstop beroperasi jadi di adakan pemadaman.
  3. Pemadaman itu terjadi karena kebutuhan lebih besar daripada cadangan energi yang ada. Dan juga energi ini tercentral dalam 1 pembangkit . Sehingga apabila pembangkit ini mati atau dimatikan otomatis semua masyarakat akan mengalami pemadaman , baik itu kantor-kantor pemerintah.
  4. Seharusnya mahasiswa itu sendiri yang membuat wadah-wadahnya , berfikir kreatif dan inovatif dalam hal-hal baru
  5. Hady gak tau , kalo sobat all4free ada yang tau boleh jawab.
  6. Apalagi ini , gak tau , orang yang dijawab sama pertanyaannya gak nyambung , jadi gak hady ketik.
Nah , ada tambahan lagi untuk sobat all4free , adanya kebijakan kenaikan harga BBM itu sudah tepat kok , karena itu sudah termasuk untuk menghemat energi . Oke sekian aja pembahasan seminar tentang Energi , kita akan lanjut ke seminar lainnya dengan tema yang berbeda. Dan maaf karena postingan ini baru dipublikasikan tanggal 21 dan foto kaga jelas , karena ada beberapa hal yang menghalangi .

0 comments:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang positif , jangan saling menjatuhkan karena tidak ada gunanya . Terimakasih telah berkunjung ke blog saya . Jika menurut anda kurang bagus , mohon dimaafkan . Karena saya bukanlah manusia sempurna yang bisa buat suatu hal yang sempurna juga.

Thanks For You

Hady Eka Saputra